Sabtu, 22 Maret 2014

CHAMAELEON

Pas MOPD 2013 di SMAN 1 Majalengka, asri masuk kelas X-3 dan nama gugus kelasnya Chamaeleon.



***

CHAMAELEON
Chamaeleon adalah sejenis bunglon.

Kata Inggris bunglon (juga chamaeleon) berasal dari bahasa Latin chamaeleō, sebuah pinjaman dari bahasa Yunani χαμαιλέων (khamailéōn), suatu senyawa χαμαί (Khamai) "di tanah" dan λέων (Leon) "singa". Kata Yunani adalah calque menerjemahkan Akkadia nes qaqqari, harfiah 'singa tanah' (kata sifat mengikuti kata benda dalam bahasa Akkadia).
Setengah dari populasi Chamaeleon di seluruh  dunia hidup di pulau Madagaskar. Mereka terkenal karena kemampuan mereka untuk mengubah warna. Ini berfungsi sebagai bentuk komunikasi, respon terhadap suhu, cahaya, dan suasana hati, serta sebagai pertahanan terhadap predator. Mata mereka dapat memutar dan putar mandiri, memungkinkan mereka untuk melihat hampir lengkap 360-derajat atau mengamati dua hal secara bersamaan. Lidah mereka bisa asalkan tubuh mereka. Bunglon dapat menyeimbangkan pada cabang dengan mencengkeram dengan cakar mereka dan membungkus ekornya sekitar cabang untuk bertahan. Bunglon bahkan bisa tidur terbalik!
Chamaeleon/bunglon mendiami semua jenis hutan tropis dan pegunungan hujan, sabana, dan kadang-kadang gurun dan stepa. Bunglon khas dari Chamaeleoninae subfamili yang arboreal dan biasanya ditemukan di pohon atau semak-semak, meskipun beberapa (terutama Namaqua Chamaeleon) sebagian atau sebagian besar terestrial. Sebagian besar spesies dari Brookesiinae subfamili, yang meliputi genera Brookesia, Rieppeleon, dan Rhampholeon, hidup rendah vegetasi atau di tanah di antara serasah daun. Banyak spesies bunglon yang terancam punah. Penurunan angka bunglon adalah karena polusi dan deforestasi.

Hampir setengah dari spesies bunglon dunia hidup di pulau Madagaskar, dengan 59 spesies yang berbeda ada tempat di luar pulau. Ada sekitar 160 spesies bunglon. Mereka berkisar dari Afrika ke Eropa selatan, dan di Asia selatan ke Sri Lanka. Mereka juga telah diperkenalkan ke Amerika Serikat di tempat-tempat seperti Hawaii, California dan Florida.

Chamaeleon/bunglon dapat  mengubah warna. Kebanyakan bunglon berubah dari coklat ke hijau dan kembali, tetapi beberapa dapat mengubah hampir semua warna. Sebuah perubahan dapat terjadi dalam waktu 20 detik. Bunglon dilahirkan dengan sel-sel khusus yang memiliki warna atau pigmen di dalamnya. Sel-sel ini terletak pada lapisan bawah kulit terluar bunglon. Mereka disebut chromatophores. Lapisan atas chromatophores memiliki pigmen merah atau kuning. Semakin rendah lapisan memiliki pigmen biru atau putih. Ketika sel-sel pigmen berubah, perubahan warna kulit bunglon.


Mereka berubah karena mereka mendapatkan pesan dari otak. Pesan memberitahu sel untuk memperbesar atau mengecilkan. Tindakan ini menyebabkan pigmen sel untuk campuran seperti cat. Sebuah kimia yang disebut melanin juga membantu bunglon mengubah warna. Serat Melanin dapat menyebar seperti sarang laba-laba melalui lapisan sel pigmen dan kehadiran mereka menyebabkan kulit gelap.

Banyak orang berpikir bunglon berubah warna untuk berbaur dengan lingkungan mereka. Para ilmuwan tidak setuju. Penelitian mereka menunjukkan bahwa cahaya, suhu dan suasana hati menyebabkan bunglon berubah warna. Kadang-kadang berubah warna dapat membuat bunglon lebih comfortabl. Kadang-kadang membantu hewan berkomunikasi dengan bunglon lainnya.

Mata bunglon memiliki busur 360 derajat visi dan dapat melihat dua arah sekaligus. Bunglon memiliki mata yang paling khas dari jenis reptil. Kelopak mata atas dan bawah mereka bergabung, dengan hanya cukup besar lubang jarum untuk murid untuk melihat melalui. Mereka dapat memutar dan fokus secara terpisah untuk mengamati dua objek yang berbeda secara bersamaan, yang memungkinkan mata mereka bergerak secara independen satu sama lain.

Ini memberi mereka busur 360 derajat penuh visi seluruh tubuh mereka. Ketika mangsa berada, kedua mata dapat difokuskan ke arah yang sama, memberikan visi stereoskopik tajam dan kedalaman persepsi. Bunglon memiliki penglihatan yang sangat baik untuk reptil, membiarkan mereka melihat serangga kecil dari jarak jauh (5-10 m).

Bunglon sangat bervariasi dalam ukuran dan struktur tubuh, dengan total panjang maksimum bervariasi dari 15 milimeter (0,6 inci) pada pria Brookesia micra (salah satu reptil terkecil di dunia) menjadi 68,5 cm (30 in) pada pria Furcifer oustaleti.

Lidah balistik yang 1,5-2 kali panjang tubuh mereka.
Pakan bunglon oleh ballistically memproyeksikan lidah panjang mereka dari mulut mereka untuk menangkap mangsa yang terletak agak jauh. Sementara lidah bunglon biasanya dianggap 1,5 sampai 2 kali panjang tubuh mereka (panjang mereka tidak termasuk ekor), telah baru-baru ini menemukan bahwa bunglon kecil memiliki aparat lidah proporsional lebih besar daripada rekan-rekan mereka yang lebih besar. Proyeksi Lidah terjadi pada kinerja yang sangat tinggi, mencapai mangsa hanya dalam 0,07 detik, yang telah diluncurkan pada percepatan melebihi 41 g. Ujung lidah bunglon adalah bola bulat otot, dan karena hits mangsanya dengan cepat membentuk cangkir hisap kecil.

Happy Feet. Kaki bunglon sangat disesuaikan dengan pergerakan pohon (arboreal pergerakan). Pada setiap kaki ada lima jari kaki dengan jelas dibedakan yang dikelompokkan ke dalam bagian rata dari dua atau tiga jari, memberikan masing-masing kaki penampilan penjepit-seperti. Pada kaki depan kelompok luar berisi dua jari kaki, sedangkan kelompok batin berisi tiga. Pada kaki belakang pengaturan ini dibalik. Ini kaki khusus memungkinkan bunglon untuk pegangan erat pada dahan pohon sempit atau kasar. Setiap kaki juga dilengkapi dengan cakar yang tajam untuk membantu pegangan pada permukaan saat mendaki.

Bunglon Jantan biasanya lebih dihiasi. Banyak yang memiliki kepala atau ornamen wajah seperti tonjolan hidung atau proyeksi tanduk seperti. Orang lain dapat memiliki puncak besar di atas kepala mereka.

Bunglon tidak bisa mendengar banyak. Seperti ular, bunglon tidak memiliki luar atau telinga tengah sehingga tak ada pembukaan telinga atau gendang telinga. Namun, bunglon tidak tuli. Mereka dapat mendeteksi frekuensi suara dalam kisaran 200-600 Hz.

Visi ultraviolet. Bunglon bisa melihat dalam cahaya ultraviolet dan terlihat baik. Bunglon terkena ultraviolet pertunjukan cahaya meningkatkan perilaku sosial dan tingkat aktivitas dan lebih cenderung untuk berjemur dan makan. Mereka juga lebih mungkin untuk mereproduksi karena memiliki efek positif pada kelenjar pineal.

The American
Chamaeleon sebenarnya bukan bunglon. The American Chamaeleon, atau anole (Anolis carolinensis), bukan bunglon benar, tetapi kadal kecil dari keluarga iguana. Hal ini ditemukan di SE Amerika Serikat dan dicatat untuk perubahan warna.

***
Tapiiiiii........pas disuruh bikin artikel sama osis, asri kira maksud chamaeleon itu bunglon, ternyata salah-_- chamaeleon yang dimaksud osis itu adalah rasi bintang /sip-_-/

0 komentar:

Posting Komentar