berhubung sekarang aku udah kuliah di jurusan BK, jadi kali ini aku bakal berbagi sedikit ilmu yang udah aku pelajari, salah satunya bikin RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) bimbingan klasikal. Yuuuk kita liat contohnya!
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER
GASAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Topik Layanan
|
Memahami seseorang yang
perfeksionis
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Fungsi Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan
|
F
|
Tujuan Khusus
|
Siswa mampu mengasumsikan
seseorang yang perfeksionis
|
G
|
Sasaran layanan
|
Kelas VIII
|
H
|
Materi
|
1. Pengertian perfeksionisme
2. Aspek-aspek perfeksionisme
3.
Faktor yang mempengaruhi individu menjadi
perfeksionis
|
I
|
Waktu
|
1 x 45 menit
|
J
|
Sumber
|
Felicia, F., Elvinawaty, R., &
Hartini, S. (2014). Kecenderungan Pembelian Kompulsif: Peran Perfeksionisme dan
Gaya Hidup Hedonistik. Psikologia:
Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 9(3).
|
K
|
Metode/Teknik
|
Sosiodrama
|
L
|
Media/Alat
|
Video
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
1. Tahap Awal/Pendahuluan
|
||
a.
Pernyataan Tujuan
|
a.
Guru bimbingan dan konseling atau konselor menyapa peserta didik/konseli
dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat.
b.
Pada tahap ini bisa juga diikuti dengan proses Ice Breaking/ games sederhana.
c.
Guru bimbingan dan konseling atau konselor menyapaikan tentang
tujuan-tujuan khusus yang akan dicapai.
|
|
b.
Penjelasan tentang kegiatan
|
Guru bimbingan dan konseling
atau konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas, dan tanggung jawab
peserta didik.
|
|
c.
Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
Guru bimbingan dan konseling
atau konselor memberikan penjelasan tentang topic yang akan dibicarakan.
|
|
2. Tahap Peralihan (Transisi)
|
||
Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor
menanyakan kesiapan peserta didik, kemudian memulai masuk ke tahap inti
|
||
3. Tahap Inti
|
||
a.
Kegiatan peserta didik
|
Peserta didik menonton video yang berisi
materi kegiatan.
|
|
b.
Kegiatan guru Bimbingan dan Konseling
|
Guru bimbingan dan konseling
memberikan video yang berisi materi kepada siswa.
|
|
4. Tahap Penutup
|
||
Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor
memberikan penguatan terhadap pengalaman belajar peserta didik
|
||
N
|
Evaluasi
|
|
1.
Evaluasi Proses
|
Guru Bimbingan dan Konseling
atau Konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi:
1.
Mengadakan refleksi
2.
Sikap peserta didik dalam mengikuti kegiatan: (contoh: semangat/kurang
semangat/tidak semangat)
3.
Cara peserta didik menyampaikan pendapat atau bertanya: sesuai dengan
topik/kurang sesuai dengan topik/tidak sesuai dengan topik
4.
Cara peserta didik memberikan penjelasan terhadap pertanyaan Guru
Bimbingan dan Konseling atau Konselor: mudah dipahami/tidak mudah/sulit
dipahami.
|
|
2.
Evaluasi Hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti
kegiatan klasikal, antara lain:
1.
Merasakan suasana pertemuan: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak
menyenangkan
2.
Topik yang dibahas: sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.
Cara Konselor/Guru Bimbingan dan Konseling menyampaikan: mudah
dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.
Kegiatan yang diikuti: menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk
diikuti.
|
|
O
|
Lampiran
|
1.
Lampiran Materi Layanan
2.
Lampiran Media Layanan
3.
Instrumen Evaluasi Proses
4.
Instrumen Evaluasi Layanan
|
Mengetahui :
|
Sleman, Desember 2017
|
Guru Pembimbing
Magang
|
Mahasiswa,
|
________________________________
NIP.
|
Asri Astria Hardianti
NIM.
|
PEDOMAN OBSERVASI
Identitas :
Nama Peserta Didik : .....................................
Kelas :
.....................................
Petunjuk
:
Beri tanda centang (√) pada kolom skor sesuai dengan hasil penilaian Anda.
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Cenderung memperhatikan kesalahan yang ada.
|
||
2
|
Memiliki
standar yang lebih tinggi dibandingkan individu yang lain.
|
||
3
|
Adanya harapan yang tinggi dari orang tua.
|
||
4
|
Adanya kritikan yang berasal dari orang tua ketika individu tidak
berhasil mencapai apa yang diinginkan oleh orang tua.
|
||
5
|
Terdapat perasaan ragu-ragu dengan tindakan yang hendak dilakukan.
|
||
6
|
Cenderung menyukai segala sesuatu yang bersifat terorganisir dengan
baik.
|
||
7
|
Cenderung
kompetitif di segala hal
|
||
8
|
Kebanggaan yang dirasa hanyalah
sementara, karena harus mengejar hal lain agar sempurna dan memunculkan
kebanggaan lain
|
||
9.
|
Jika
tak melakukan segala sesuatu dengan sempurna, maka itu artinya adalah gagal
melakukannya
|
||
10.
|
Menyelesaikan segala sesuatu
sebaik mungkin, memiliki suatu perasaan yakin terhadap diri sendiri yang
tinggi dan tidak mempercayai pekerjaan yang dilakukan oleh individu lain.
|
||
Total Skor :
|
Yogyakata,
Guru Pembimbing
Magang,
Mahasiswa,
________________________ Asri Astria Hardianti
NIP. NIM.
******************************************
disini aku masih belajar, jadi kalau ada yang salah tolong koreksinya ya teman2, kalian bisa kasih kritik&saran di kolom komentar di bawah:)
Ppai ppai..........<3
0 komentar:
Posting Komentar